Senin, 13 Juli 2015

CLONORCHIASIS


Definisi
Clonorchiasis adalah infeksi saluran empedu oleh clonochis sinensis yang juga dikenal sebagai Chinese liver fluke atau Oriental liver fluke.

Etiologi
C. sinensis adalah mikroorganisme dari subkelas Trematoda klas Cercomeridea filum Plathelminthes, berukuran 10-25 x 3 -5 mm dengan ukuran telur terkecil dari seluruh trematoda yaitu 20-30 um x 15-17 um. Selain manusia parasit ini juga menginfeksi dan hidup disaluran empedu anjing, kucing, babi, tikus, dan unta.

Pathogenesis
Pathogenesis clonorchiasis sama dengan opisthorchiasis.
Gambaran klinis
Infeksi akut C. sinensis umumnya tanpa gejala, walaupun sebagian pasien mengalami demam, malaise, rasa tidak enak di kuadran kanan atas abdomen. Pada prinsipnya gejala dan tanda penyakit ini sama dengan opisthoraciasis.

Diagnosis
Padakeadaan kepadatan telur cukup tinggi, bisa didapati telur di tinja, tetapi hal ini tidak terjadi pada kebanyakan pasien sehingga didapati hasil negative palsu. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan serologis. Teknik ELISA dengan menggunakan ekstrak cacing dewasa memberikan hasil yang cukup baik dengan sensitivitas 100% dan spesifitas 84%,tetapi dengan Cystatin Capture ELISA yang menggunakan cysteine proteinase sebagai target protein hasilnya lebih baik dengan sensitivitas 100% dan spesifitas 97,5%.

Penatalaksanaan
Obat pilihan adalah praziquantel 25 mg/kgBB tiga kali sehari selama 1 atau 2 hari. Angka kesembuhan dengan obat ini adalah 85 sampai 100%.


Referensi :
Siti setiati, dkk.2014.buku ajar ilmu penyakit dalam jilid I edisi VI.Jakarta:Interna Publishing 

2 komentar:

  1. pemeriksaan dengan metode ELISA samplenya dari apa?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus