Kamis, 11 Juni 2015

Manfaat Tidur Mematikan Lampu

   

   Di negara Indonesia rata-rata penduduknya tidur malam dengan menyalakan lampu. Alasan mereka menyalakan lampu ketika tidur malam karena takut gelap. Terlalu banyak menonton film horor juga bisa membuat maenset mereka kalau hantu suka di tempat yang gelap. Sehingga, jika mereka tidur malam mematikan lampu berandai ada hantu didekat mereka.
   
     Padahal menurut penjelasan dari dokter , ketika kita tidur malam ada proses pembentukan antibodi dari tubuh. Antibodi merupakan zat yang diperlukan tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Antibodi bisa kita dapatkan dari asupan makanan seperti buah yang mengandung vitamin c dan vitamin A.

    Antibodi selain dari asupan makanan juga bisa dihasilkan oleh tubuh pada jam dan keadaan tertentu. Waktu pembentukan antibodi ini pada pukul 23.00 wib - 02.00 wib. Ketika kita tidur lelap, hormon melatonin mensekresikan antibodi yang berasal dari tubuh. Namun hormon melatonin tidak tahan panas.

   Cahaya lampu menghasilkan kalor atau panas, sehingga hormon meatonin tidak terbentuk. Oleh karena itu, sebaiknya ketika kita tidur lampu jangan dinyalakan. Dan tidurlah sebelum jam sebelas malam, agar di keesokkan harinya badan terasa segar dan fit. Seperti yang disabdakan rasulullah, tidur setelah isya'.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar