Selasa, 30 Juni 2015

Manfaat kalsium untuk penyembuhan luka

 Faktor-faktor pembekuan darah  yang berperan ada 13 faktor. Mulai dari faktor 1-13 semua saling berhubungan dan saling mengaktivasifasi. Satu faktor akan mengaktifkan faktor lain dengan bantuan faktor lain juga. Seperti faktor ix akan bekerja sama dengan faktor viii untuk membentuk faktor x.

 Nantinya faktor x akan mengaktifasi pembentukan trombin. Dimana nanti trombin akan membantu pembekuan darah. Namun jika faktor x hanya diaktifkan oleh faktor ix, trombin yang tercipta hanya sedikit dan longgar. Agar trombin bisa tercipta banyak dan kuat, maka faktor ix harus bekerja sama dengan faktor viii.

 Kenapa faktor ix harus bekerjasama dengan faktor viii .? Hal itu dikarenakan agar pengaktifan faktor x lebin baik dan bisa menghasilkan banyak trombin. Selain pengaktifan oleh sesama faktor, bisa juga pengaktifan oleh bantuan kalsium.Walaupun kalsium hanya membantu untuk mengaktifkan,  namun jika kurang atau tidak ada kalsium tidak bisa pembekuan darah.

 Oleh sebab itu, mulai sekarang banyak lah untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. namun tidak boleh berlebihan, karena kalsium bisa mengakibatkan pengapuran. Seperti minum susu dalam jangka waktu lama tidak baik. Karena pembentukan tulang hanya dalam waktu 3 bulan, namun kebanyakan dari kita mengonsumsi kalsium selama bertahun tahun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar