Jumat, 19 Juni 2015

MAKAN BUAH SEBELUM MAKAN NASI


  Kalangan masyarakat banyak yang mempunyai kebiasaan makan buah setelah makan nasi. Padahal kebiasaan tersebut kurang baik, bukannya tidak baik ya. Hal tersebut kurang baik karena penyerapan nasi lebih lama waktunya. Sedangkan buah lebih cepat proses penyerapan nya. Namun ketika buah dimakan setelah makan nasi, maka proses penyerapan nya kurang efektif. 



  Nasi yang kita makan merupakan molekul yang kompleks, sehingga butuh proses pencernaan nya butuh waktu sekitar 4 jam. Setelah itu makanan akan diserap oleh usus, dan akan masuk ke peredaran darah. Lalu darah yang akan membawa nutrisi ke sel-sel yang ada di jaringan. 

  Buah yang banyak mengandung vitamin dan serat, serta mikronutrient lainnya cepat diserap oleh usus. Waktu yang dibutuhkan tubuh untukmenyerap proses pencernaan buah yaitu sekitar 15 menit. Waktu yang sangat cepat untuk proses penyerapan. Oleh karena itu, lebih baik makan buah dulu baru makan nasi.

  Waktu selang untuk makan nasi adalah 15 menit. Kenapa setelah 15 menit baru makan nasi.? Hal itu karena proses pencernaan buah sekitar 15 menit. Selain itu juga, agar kerja organ pencernaan bergantian. Setelah tubuh mencerna buah, lalu mencerna makanan nasi kita.

  Jadi mulai dari sekarang 15 menit sebelum makan nasi makan buah dulu ya *_-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar