Sabtu, 27 Juni 2015

Manfaat minum sambil duduk

  Kebiasaan kita seperti minum berdiri, gak mau olahraga, dan lain-lline lainnya. Di agama Islam, nabi telah melarang umatnya minum sambil berdiri. Sebenarnya apa ya tujuan nabi melarang kita minum sambil berdiri ..? Apa mungkin bisa mmenimbulkan penyakit .?

Jawabannnya yaitu "bisa menimbulkan penyakit". Tujuan nabi Muhammad semata-mata untuk kesehatan umatnya. Mungkin kita menganggap minum sambil berdiri merupakan hal biasa. Namun ditinjau dari segi kesehatan, minum sambil berdiri tidak baik untuk organ pencernaan. Sebagai umat nabi yang baik, sebaiknya kita mengikuti semua hal baik yang dicontohkan nabi sebagai rasulullah. Karena segala hal yang diperintahkan oleh nabi Muhammad mempunyai kemaslahatan bagi umat.

  Jika minum sambil berdiri, keadaan lambung kita seperti pipa yang membelok sedikit. Coba bayangkan kalau kita haus, pasti kita minum langsung dengan cepat. Ketika kita minum dengan cepat sambil berdiri, air minum yang mengalir cepat langsung turun ke lambung dengan kuat. Air yang jatuh kuat itu bisa menimbulkan luka jika kita terus-terusan minum sambil berdiri.

  Sama halnya ketika hujan turun deras yang menjatuhi batu. Lama kelamaan batu itu akan mencekung atau bolong. Seperti itu juga yang terjadi pada lambung kita. Jika lambung kita terus terhantam air yang mengalir cepat dari kerongkongan, maka akan timbul luka pada lambung atau biasa disebut tukak lambung.

  Hal yang terbalik terjadi ketika kita minum sambil duduk. Ketika kita duduk, lambung kita seperti gambar ini. Dalam keadaan duduk, air yang diminum akan masuk ke kerongkongan. Dari kerongkongan melewati epiglotis masuk ke lambung. Namun dalam keadaan duduk, air yang masuk mengikuti lekukan lambung. Sehingga bisa mengalir sesuai jalur aliran tanpa harus mengahantam kuat dinding lambung. Dan lambung pun bisa terjaga dari infeksi lambung, tukak lambung, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar